Membuat Sendiri Live CD Windows XP/ Windows XP Portable

Apa itu live CD

Istilah live CD sering kita dengar pada linux, contohnya adalah linux Knoppix. Tetapi saat ini hampir semua Linux memiliki fasilitas live CD, bahkan kita bisa membuat live CD sendiri dari windows. Live CD adalah system operasi yang terinstal dalam sebuah CD jadi kita tidak perlu menginstalnya dalam Hard disk. Kita cukup booting dari CD maka kita sudah dapat menjalankan sebuah system operasi.

Untuk apa live CD Windows XP

Berikut adalah beberapa contoh kegunaan dari live CD

  1. Sebagai sarana penyelamatan data.
    Mungkin anda pernah mengalami kegagalan pada sytem operasi, dimana windows tidak lagi bisa booting dan masuk ke desktop akibat virus maupun malware. Anda ingin menginstal ulang secara full dengan menformat seluruh isi hard drive untuk memastikan bahwa instalasinya benar-benar clean atau bersih. Sedangkan data-data penting anda masih tertinggal dalam hard disk. Dengan menggunakan live CD windows anda dapat mengakses hard disk anda kemudian mengcopy data anda ke flash disk atau burn ke CD/DVD melalui aplikasi burning portable.
  2. Untuk membasmi virus secara manual
    Anda dapat menghilangkan virus secara manual dari live cd hanya dengan menghapus file start up virus yang tidak bisa anda lakukan ketika boot secara normal. Sebab kita tidak dapat menghapus file yang sedang berjalan. Disamping itu juga virus menggunakan berbagai cara agar tidak filenya tidak dihapus. Pada live CD windows menjalankan system operasi dari cd, sehingga registry dari windows yang terinfeksi tidak di jalankan.
  3. Portabilitas
    Dengan live CD tentu saja kita bisa membawa kemana-mana system operasi kita beserta aplikasi portablenya. Dan menjalankanya pada komputer yang meskipun tidak terinstal windows di dalamnya.

Cara Membuatnya

  1. Pertama kita download terlebih dahulu aplikasi untuk membuat live CD ini yang bernama PE Builder anda dapat mendownloadnya disini jangan khawatir, tool ini gratisan
  2. Instal dan jalankan PE Builder, di sini ada beberapa opsi yang harus di pilih.
    • Source : Lokasi direktori dimana anda menyimpan file setup (instalasi) windows XP anda.
    • Custom : Lokasi direktori dimana anda menyimpan aplikasi portable anda. Aplikasi-aplikasi portable ini sebelumnya harus anda simpan dalam sebuah direktori tertentu. Catatan : Penulis tidak menyediakan aplikasi portable ini, anda dapat mendownloadnya dari internet. Untuk sementara dikosongkan terlebih dahulu.
    • Output : Direktori untuk menyimpan image live CD yang akan dibuat. Sebaiknya dibiarkan apa adanya
    • Media Output : Pilih Burn to CD/DVD jika anda ingin langsung membuat live CDnya atau pilih Create ISO Image jika ingin meyimpan dalam bentuk ISO. Anda dapat burn nantinya menggunakan Nero atau Alkohol

Cara menggunakanya

Beberapa komputer harus menseting bios terlebih dahulu agar dapat melakukan boot dari CD. Cara menseting bios sangat bervariasi tergantung dari tipe mainboard yang anda gunakan. Cara yang lazim digunakan adalah dengan menekan tombol DEL atau F2 saat komputer booting. Ubahlah boot order atau boot paling awal dari CD/DVD anda. Disamping itu juga ada komputer yang memberikan fasilitas pilihan boot dengan menekan tombol F8. Pastikan CD terdapat dalam CD Rom drive saat komputer booting. Live CD windows XP siap digunakan...

0 comments: