Direct Sharing Internet Connection

Maksud saya dalam direct itu adalah tanpa router sebelum modem. Jadi ada 1 komputer utama yang terhubung langsung ke internet dan berfungsi sebagai server.

Saya melihat banyak yang dirumahnya pasang internet seperti speedy atau pastnet dan kemudian ingin membagi koneksi internet tersebut, namun tidak tahu caranya. saya harap dengan mengikuti langkah2 dibawah ini, bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Contoh networknya kayak gini:
Cara 1:
Di gambar diatas, komputer gateway (internet server) terhubung langsung ke modem (modem biasa ataupun modem ADSL seperti speedy). Kemudian dari komputer gateway tersebut memiliki 1 LAN card yang terhubung ke komputer client. Tool tambahan yang diperlukan: 1 Lan/Ethernet card dan kabel UTP tipe Cross (bisa dibeli di toko komputer) untuk setiap client.

Cara 2:
Di gambar yang kedua, komputer gateway terhubung ke Internet dengan menggunakan kabel UTP biasa (sering digunakan pada RT/RW net). Kemudian adaada 1 kabel UTP lagi yang menuju ke HUB/SWITCH untuk kemudian dibagi kepada user yang lain. untuk sistem ini berarti minimal komputer gateway punya 2 LAN/Ethernet Card, satu menuju internet, dan satu lagi menuju Hub/Switch. Tool tambahan yang diperlukan: Kabel UTP tipe straight untuk masing2 client + 1 lagi untuk dari gateway ke Hub/Switch. 1 Buah Hub / Switch.

CARANYA:
1. Sambungkan komputer anda ke Internet, kemudian lihat IP lokal yang didapat dari koneksi internet anda (klik dua kali tanda yang ada dikanan bawah yang muncul ketika anda terhubung ke internet). Catat IP tersebut.

2. Putuskan internet connection anda (disconnect) dahulu.

3. Kalau anda menggunakan cara 1 (tanpa Hub/switch). Jika anda ingin melakukan share ke 2 komputer atau lebih ( lebih dari 2 Lan Card yang terkoneksi ke client). Buka dulu network connections, setelah itu pilih semua LAN Card yang terkoneksi ke client, klik kanan, dan pilih create bridge connection. Nanti jika ingin melakukan share, pilihlah network bridge. Dengan begini maka semua Lan Card yang terkoneksi ke client akan digabung menjadi 1 setting.

4. buka network connection wizard dengan cara: buka network connections, lalu pilih setup a home or small office network (bisa juga dengan mengetikan netsetup.cpl di run command).
Kemudian ikuti saja langkah-langkah dari windows.

Jika ada pemberitahuan "The wizard found disconnected network hardware", pilih saja "Ignore disconnected network hardware".

Yang perlu diperhatikan untuk melakukan sharing internet connection adalah: untuk memilih "This computer connects directly to the Internet. The other computers on my network connect to the Internet through this computer."

5.
Kemudian pilih Jika IP yang anda dapat dari langkah 1 berformat 192.168.0.xx , pada network connection, Klik kanan pada Lan Card (atau bridge connection) yang terkoneksi ke client, klik properties."Internet Protocol (TCP/IP)", klik properties. Rubahlah IP anda dari 192.168.0.1 menjadi 192.168.1.1

6. Untuk semua client yang terhubung, pilihlah "obtain an IP address manualy" sebagai setting (ikuti langkah seperti nomor 5 untuk merubah setting IP di client).

7. Coba sambungkan kabel UTP dari client ke komputer gateway. Jika settingan anda benar, maka komputer client akan mendapat IP secara otomatis (diberikan oleh gateway).

8. Selesai, internet anda sudah ter share ^^

2 comments:

rudi_malang said...

terima kasih banget... lagi butuh mo sharing internet.

amin said...

wah ini yang aku cari