Memperkirakan Nilai CPC Maksimum Iklan AdSense Berikut Keyword-nya

Memperoleh CPC (Cost Per Click) tinggi adalah dambaan hampir semua publisher AdSense. Alasannya sederhana: CPC tinggi = earning tinggi! Karenanya, banyak publisher AdSense yang mengeluarkan energi ekstra, melakukan berbagai usaha agar konten situs atau blog mereka bisa memunculkan iklan AdSense dengan CPC tinggi. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan potensi kata kunci (keyword). Keyword yang memiliki CPC tinggi biasa disebut dengan high paying keywords.

Dari kacamata AdWords Advertiser, berikut tips sederhana untuk memperkirakan CPC maksimum iklan AdSense yang muncul di halaman situs/blog Anda beserta dengan keyword-nya. Jangan khawatir, semua tools-nya gratis kok :-).

Kunjungi salah satu halaman tentang Google AdWords ini. Anda akan mendapatkan sebuah box seperti ditunjukkan gambar di bawah.

Memperkirakan Nilai Maksimum CPC Iklan AdSense

Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Karena nilai CPC bervariasi terhadap demografi trafik, pilih negara asal trafik sasaran dengan meng-klik link Edit yang ada di sebelah kalimat “Results are tailored to English, United States“. Anda akan menjumpai dua kolom: bahasa dan negara/teritori. Lalu pilih bahasa dan negara yang menjadi target trafik.
  2. klik Site-Related Keywords.
  3. Masukkan URL link situs/blog Anda. Bila ingin spesifik ke halaman/posting tertentu, masukkan URL link dari halaman/posting tersebut. Misalnya: http://www.akoemi.com/2006/06/11/xxxx/. Bila ingin prediksi untuk semua halaman, cukup masukkan nama domain saja dan aktifkan opsi Include other pages on my site linked from this URL
  4. Pada pilihan Choose data to Display, pilih Cost and ads position estimate.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih mata uang dan maksimum CPC. Pilih saja USD dan 100 untuk Max CPC -nya. Mengapa 100? Karena memang itu nilai maksimum bid yang diperbolehkan di program AdWords.

Bila semua langkah di atas telah dilakukan, Anda akan mendapati box seperti gambar di bawah.
Memperkirakan Nilai Maksimum CPC Iklan AdSense

Selanjutnya, klik Get Keywords. Dalam sekejap akan muncul prediksi nilai CPC iklan AdSense di situs Anda beserta keywords-nya. Coba pilih Match Type lain (broad, phrase, exact) untuk melihat variasi CPC berdasarkan kategori. Salah satu halaman situs saya mengandung keyword dengan CPC maksimum $60.5. Tapi sayang, klik nya belum kunjung datang :-)

Sedikit catatan, CPC maksimum itu bukanlah bayaran per klik yang bakal diterima publisher AdSense. Namun sekian persennya saja (ada yang memperkirakan 40-50%). Anggap saja 50%, karena hanya “orang dalam” Google saja yang tahu pasti.


Klik disini untuk melihat beberapa hasil Ketword yang bernilai tinggi di Google Adsense.

Gimana, jadi tambah semangat? Mau daftar jadi pemburu high paying keywords? :-)

3 comments:

dika said...

ooo begitu ya caranya .................

iwan L. said...

apa hal itu juga bisa dipakai untuk adsense?? tu hanya untuk adword kan?

admin said...

itu berguna juga buat adsense mas...... kalo tidak percaya, mas search aja di seah engine mas yang dari google di blog mas.. mas pake kunci itu yang bernilai tinggi hasil cara diatas...yap hasilnya g mengecewakan dollarnya meningkat pesat hanya dalam seminggu.. semoga bermanfaat dan silahkan berkunjung lagi ya. untuk tips bisnis online lainya kunjungi www.binisonline-maxcum.blogspot.com. itu situs saya juga mas.