mencari dan memberi subtitle pada film

Bagi anda yang gemar menonton film, apalagi film dari piringan DVD tentunya sudah akrab dengan kata “subtitle” (id: subjudul). Yah, subtitle adalah terjemahan bahasa dari bahasa asing ke bahasa lokal berupa teks yang biasanya berada di bagian bawah sebuah film.
Namun ada kalanya saat kita mengunduh (download) sebuah film asing yang berbahasa Inggris dari internet, film tersebut tidak disertai dengan TI (Terjemahan Indonesia). Tentu ini menyulitkan penikmat film yang tidak mahir berbahasa Inggris seperti saya.

Jalan keluarnya adalah kita mencari subtitle film tersebut. Banyak situs-situs yang menyediakan subtitle film secara cuma-cuma. Berikut adalah beberapa situs tersebut,


Extensi file subtitle sendiri bermacam-macam namun cukup sederhana dan bisa dibuka dengan mudah menggunakan teks editor seperti Notepad, Wordpad dsb.

Penggunannya-pun cukup mudah. Setelah kita selasai mengunduh film dan mendapatkan subtitle-nya, kita cukup drag anda drop file subtitle tersebut pada screen player yang kita gunakan untuk memutar film tersebut (beberapa player tidak mendukung fitur ini).

Cara lain adalah dengan meletakkan file video dan file subtitle dalam satu direktori atau folder dan menamai 2 file tersebut dengan nama yang sama beserta extensi-nya masing-masing. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

subtitle


Dengan cara diatas maka software video player kita secara otomatis akan memasukkan subtitle ke dalam film.

Selamat mencoba.

2 comments:

Gogon said...

nah ini yang aku cari ... thankz mas admin

Anonymous said...

oooo film- film donlotan bisa di kasih sub title donk. asyik nih